Habitat

Dimana Mangrove bisa dijumpai? (habitat)

Sebagian besar pohon mangrove dijumpai di sepanjang pantai terlindung yang berlumpur, bebas dari angin yang kencang dan arus (misalnya di mulut muara sungai yang besar). Mangrove juga bisa tumbuh di atas pantai berpasir dan berkarang, terumbu karang, dan di pulau-pulau kecil. Sementara itu air payau bukanlah hal yang pokok untuk pertumbuhan mangrove, mereka juga dapat tumbuh dengan subur jika terdapat persediaan endapan yang baik dan pada air tawar yang berlimpah.

Hutan mangrove dapat tersebar luas dan tumbuh rapat di mulut sungai besar di daerah tropik, tapi di daerah pesisir pantai pegunungan, hutan mangrove tumbuh di sepanjang garis pantai yang terbatas dan sempit. Perluasan mangrove banyak dipengaruhi topographi daerah pedalaman.

Ada hubungan yang erat antara kondisi air dengan vegetasi hutan mangrove. Di beberapa tempat, mangrove menunjukkan tingkat zonasi yang nyata yang cenderung berubah dari tepi air menuju daratan. Namun terkadang tergantung pada undulasi/ tinggi rendahnya lantai hutan atau anak sungai di dalam suatu area yang skemanya khusus dan menggambarkan keadaan umum dari dataran pasang surut di Bali dan Lombok.

Leave a comment