Fisiologi

Bagaimanakah spesies mangrove tumbuh?

Komponen mayor dan minor spesies mangrove tumbuh dengan baik tanpa dipengaruhi oleh kadar garam air. Namun jika air terlalu asin maka pohon mangrove tidak dapat tumbuh terlalu tinggi. Hal yang harus diperhatikan adalah bahwa spesies mangrove dapat tumbuh lebih cepat pada air tawar daripada di air yang mengandung garam (asin).

Melalui kelenjar garamnya, beberapa spesies mangrove mengembangkan sistem yang memungkinkan mangrove tumbuh pada lingkungan berkadar garam tinggi. Avicennia, Aegiceras, Acanthus dan Aegilitis dapat mengontrol keseimbangan kadar garam dalam tubuhn dengan mengeluarkannya melalui kelenjar (Tomlinson, 1986). Sebagian besar kelenjar garam terdapat dipermukaan daun yang nampak berkristal dan mudah diamati. Jika dijilat pada pada permukaannya akan terasa asin.

Spesies lain seperti Rhizophora, Bruguiera, Ceriops, Sonneratia dan Lumnitzera dapat mengontrol keseimbangan garam dengan cara lain seperti menggugurkan daun tua yang telah mengakumulasi garam, atau melalui tekanan osmotic akar, namun belum ada penjelasan rinci yang didukung penelitian lebih lanjut.

One thought on “Fisiologi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s