Struktur

Unsur dominan dalam hutan mangrove adalah pohon-pohon yang tumbuh dan tingginya mencapai 30 m, memiliki tajuk (caopy) lebar, rapat dan tertutup. Banyak juga spesies tumbuhan dan fauna lain yang khusus atau ekslusif menempati hutan mangrove. Topografi setempat dan karakteristik hidrologi, tipe dan komposisi bahan kimia dari tanah dan pasang surut menentukan tipe ekosistem mangrove yang dapat dibuktikan pada tempat-tempat tertentu.

Spesies mangrove dikelompokkan menjadi 3 yaitu: Kelompok mayor, kelompok minor dan kelompok asosiasi mangrove.

Kelompok Mayor

kelompok ini memperlihatkan karakteristik, seperti : sistem perakaran udara dan mekanisme khusus untuk mengeluarkan garam agar dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan mangrove. Komponennya adalah pemisahan taksonomi dari hubungan tumbuhan daratan dan hanya ada di hutan mangrove serta membentuk tegakan murni, tetapi tidak pernah meluas sampai kedalam komunitas darata.

Kelompok Minor (Tumbuhan Pantai)

Dalam komponen ini tidak termasuk elemen yang menyolok dari tumbuh-tumbuhan yang mungkin terdapat di sekiling habitatnya dan yang jarang berbentuk tegakan murni

Asosiasi Mangrove

Dalam komponen ini jarang ditemukan spesies yang tumbuh di dalam komunitas mangrove yang sebenarnya dan kebanyakan sering ditemukan dalam komunitas tumbuh-tumbuhan darat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s