Indahnya Negeriku Menjadi Tema Kunjungan SDIT Ar Ruhul Jadid Jombang ke Mangrove Center Tuban

Suasana terasa lengang di Mangrove Center Tuban siang hari itu (27 Januari 2015), beberapa pengunjung terlihat sedang bersantai di bawah pohon cemara di tepi pantai. Tiba-tiba segerombolan siswa SD ramai memasuki kawasan mangrove dan menyebar ke beberapa titik. Beberapa siswa tertarik dengan koleksi ular di Mangrove Center Tuban. Beberapa siswa lainnya mengelilingi kandang burung dan mulai mengeluarkan ponselnya untuk mengabadikan hewan-hewan itu. Tak lama sirine berbunyi yang menandakan seluruh siswa diminta berkumpul ke arah sumber suara. Ustad dan Ustadzah pendamping terlah siap dengan instruksinya tentang apa yang akan mereka lakukan di sini.

WP_20150127_018Rombongan tersebut ternyata merupakan siswa kelas 4 SDIT Ar Ruhul Jadid, Jombang yang sedang melakukan perjalanan tematik dengan tema Indanhya Negeriku. MCT termasuk dalam salah satu lokasi yang dikunjungi terkait dengan pelestarian ekosistem. Acara dimulai dengan sholat dhuhur berjamaah dan dilanjutkan dengan makan siang karena waktu telah menunjukkan pukul 12.00. Tak lama setelah makan siang berakhir, sebagian siswa mulai bermain air di pantai. Sayangnya kondisi pantai saat itu sedang pasang sehingga pasir pantai hanya terlihat sedikit. Ustadzah mulai melarang siswa-siswinya untuk tidak masuk terlalu jauh ke dalam air. Seperti normalnya anak-anak pada umumnya, himbauan itu hanya mempan sebentar. Beberapa menit setelahnya,beberapa siswa kembali masuk ke dalam air.

WP_20150127_025Acara dilanjutkan dengan tur ke mangrove untuk melihat langsung ekosistem mangrove yang menjadi habitat bagi burung-burung air. Banyak siswa yang belum pernah melihat hutan mangrove merasa takjub dan bersemangat dalam perjalanan ini. Di ujung hutan mangrove terdapat jembatan yang menghubungkan hutan mangrove dengan hutan cemara di bagian barat. Pantai ini memilki pasir pantai yang lebih luas di bandingkan dengan pantai di depan kantor. Lokasi yang cocok untuk anak-anak bermain pasir. Tanpa dikomando lagi, para siswa telah berlari masuk ke dalam air dan bermain pasir pantai. Panas matahari tidak lagi menjadi halangan bagi mereka. Alhamdulillah kunjungan ke Mangrove Center Tuban memberikan kesan positif bagi anak-anak mengenai pentingnya melestarikan ekosistem. Semoga dengan dilaksanakannya kunjungan ini memberikan inspirasi bagi siswa-siswi untuk menghargai lingkungan dan nantinya akan berperan dalam melestarikan lingkungan di sekitar tempat tinggalnya.

Berikut keseruan siswa-siswi bermain di pasir yang sempat diabadikan :

 WP_20150127_014  WP_20150127_021 Camera360_2015_1_27_013236_jpg  Camera360_2015_1_27_013642_jpg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s