Morfologi

Morfologi yang menarik dari mangrove terlihat pada sistem perakaran dan buahnya, Secara terperinci seperti berikut:

Sistem Akar

Tanah pada habitat mangrove adalah anaerob (hampa udara) bila berada di bawah air. Beberapa spesies memiliki sistem perakaran khusus yang disebut akar udara yang cocok untuk kondisi tanah yang anaerobik.

Ada beberapa tipe perakaran udara, yaitu: Akar tunjang, akar napas, akar lutut dan akar papan (banir). Akar udara membantu fungsi pertukaran gas dan menyimpan udara untuk pernafasan selama penggenangan.

Buah

Semua spesies mangrove memproduksi buah yang biasanya disebarkan melalui air. Ada beberapa macam bentuk buah, seperti berbentuk silinder, bulat dan berbentuk kacang.

  • Benih Vivipari

Umumnya terdapat pada famili Rhizophoraceae (Rhizophora, Bruguiera, Ceriops, dan Candelia) buahnya berbentuk silinder (seperti tongkat), buahnya disebut viviporus. Bibit Rhizophoraceae telah berkecambah di dalam buah dan hipokotilnya menonjol keluar dan mengembang dari buahnya ketika buahnya masih berada di atas pohon induk.

  • Buah Cryplovivipari

Avicennia (seperti buah kacang), Aegiceras (seperti silinder) dan Nypha buahnya tipe Cryploviviporus dimana dimana bibitnya berkecambah tapi dilapisi oleh selaput buah (kulit buah) sebelum dilepaskan dari pohon induk.

  • Benih Normal

Ditemukan pada spesies Sonneratia dan Xylocarpus buahnya berbentuk bulat seperti bola dengan benih normal. Untuk spesies lain kebanyakan buahnya berbentuk kapsul, sebagai benih normal. Buah tersebut mengalami proses dimana buahnya memecah diri dan menyebarkan benihnya pada saat mencapai air.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s