Sarang Ardeola speciosa di Mangrove Center Tuban

Mangrove Center Tuban menjadi bukti nyata bahwa keberadaan hutan mangrover akan menjadi habitat bagi satwa liar, salah satunya adalah burung. Mangrove yang ditanam oleh kelompok Tani di area Mangrove Center Tuban telah berkembang menjadi hutan, jenis yang ditanam antara lain Rhizophora mucronata dan Bruguiera gymnorhyza. Pada awal perkembangannya tidak banyak burung yang datang di area MCT, beberapa burung penghuni pantai dan beberapa burung air seperti Trinil pantai (Actitis hypoleucos), Cekakak sungai (Halcyon chloris), Kareo padi (Amourornis phoenicurus). Setelah beberapa tahun dan menjadi hutan, didukung dengan upaya perlindungan agar tidak ada perburuan di kawasan ini, saat ini setiap pagi dan sore hari akan ada kawanan burung Blekok sawah (Ardeola speciosa) yang berterbangan di sekitar hutan mangrove. Pada pagi hari mereka terbang dari kawasan hutan menyebar untuk mencari makan, sementara pada sore hari mereka akan kembali menuju hutan mangrove untuk bersarang. Belum dilakukan perhitungan populasi, namun jumlahnya bisa ratusan ekor.

Ardeola speciosa termasuk famili Ardeidae dan dilindungi oleh PP Nomor 7 tahun 1999. Blekok sawah mempunyai karakteristik tubuh berukuran 45 cm, kepala dan dada berwarna kuning tua (berbiak), punggung nyaris hitam. Tubuh bagian atas lainnya coklat bercoret-coret. Tubuh bagian bawah putih. Saat terbang sayap terlihat sangat kontras dengan punggung yang hitam. Pada musim non berbiak berwarna coklat bercoret-coret. Baik pada berbiak maupun tidak, iris berwarna kuning, paruh kuning dengan ujung berwarna hitam, kaki hijau buram. Makanan dari burung ini adalah ikan, katak, serangga air, dan berudu.

4 thoughts on “Sarang Ardeola speciosa di Mangrove Center Tuban

  1. Keren bgt artikelnya, kalau boleh tau gmn ya caranya mendapatkan pohon bakau?? soalnya rumahku di pesisir pantai bulu yg rawan abrasi. Mohon bantuannya ya. terimakasih

  2. dear writer,
    tolong di cek lagi di Lampiran PP No. 7 tahun 1999; Jenis Blekok Sawah (Ardeola speciosa) tidak termasuk dalam jenis burung dilindungi, dan juga bukan termasuk jenis prioritas perlindungan berdasarkan Men.hut no 57 tahun 2008. mungkin anda rancu dengan jenis kuntul? (Egreta spp). untuk jenis-jenis kuntul memang termasuk dalam daftar perlindungan PP no.7 1999.

    salam,
    duan (di Papua Barat)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s